Penerapan Asesmen Portofolio Feedback Keterampilan Proses Sains Kelas V Sekolah Dasar

Miftakhul, Hidayati (2022) Penerapan Asesmen Portofolio Feedback Keterampilan Proses Sains Kelas V Sekolah Dasar. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (693kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (577kB) | Preview
[img] Text
HASIL OLAH DATA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI-FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Hidayati, Miftakhul. 2022. Penerapan Asesmen Portofolio Feedback Keterampilan Proses Sains Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Muhammadiyah Semarang. Pembimbing: I. Dr. Eny Winaryati, M.Pd, II. Eko Yuliyanto, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengukur keterampilan proses sains dari aspek afektif, kognitif, dan psikomotor berbantukan asesmen portofolio feedback dalam mata pelajaran IPA kelas V; (2) mengetahui kefektifan penerapan asesmen portofolio feedback untuk mengukur keterampilan proses sains peserta didik kelas V. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan pretest posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V salah satu sekolah dasar di Mojokerto sebanyak 36 siswa. Intrumen penelitian berupa soal tes pilihan ganda (kognitif) berindikator keterampilan proses sains, dan lembar observasi keterampilan proses sains (afektif dan psikomotor). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil skor dari lembar observasi aspek afektif lebih tinggi yang menggunakan asesmen portofolio feedback daripada yang tanpa feedback yakni 3,47>2,82. Hasil rerata nilai posttest (kognitif) kelas ekperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yakni 84,52>67. Hasil skor dari lembar observasi aspek psikomotor lebih tinggi yang menggunakan asesmen portofolio feedback daripada tanpa feedback yakni 3,49>3,07. (2) keterampilan proses sains peserta didik menggunakan asesmen portofolio dengan feedback menghasilkan nilai keterampilan proses sains kategori sangat tinggi sebesar 47,22%, kategori tinggi sebesar 38,89%, dan kategori sedang sebesar 13,89%. Keefektifan asesmen portofolio dengan feedback diketahui dari hasil uji N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,52 kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,20 kategori rendah. Hal ini memperlihatkan bahwa hasil keterampilan proses sains cukup signifikan dengan memberikan asesmen portofolio yang terdapat feedback. Kata kunci : asesmen portofolio, feedback, keterampilan proses sains.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 010/PendidikanKimia/X/2022
Subjects: L Education > Chemistry
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 School of Chemistry
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/5912

Actions (login required)

View Item View Item