PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMA KELAS X

HUWAINA, NABILA (2022) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMA KELAS X. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
SAMPUL.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (958kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (926kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (846kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (846kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43MB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46MB) | Request a copy
Official URL: http://repository.unimus.ac.id

Abstract

ABSTRAK Nabila, Huwaina. 2022. Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Pemecahan Masalah dalam Pembentukan Karakter Siswa SMA Kelas X. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Semarang. Pembimbing : I. Eko Andy Purnomo, S.Pd., M.Pd, II. Dwi Sulistyaningsih, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Modul, Pemecahan Masalah, Karakter Penelitian ini dilatar belakangi dengan keterbatasan bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah. Penggunaan bahan ajar yang belum sesuai dengan kebutuhan siswa membuat siswa masih kesulitan dalam memahami materi, hal ini menyebabkan siswa kurang mampu dalam menyelesaiakan permasalahan yang didapatnya. Selain itu selama proses pembelajaran siswa kurang tertarik dan kurang antusias selama pembelajaran. Siswa kurang berperan aktif, siswa jarang bertanya kepada guru, serta kurangnya karakter yang dimiliki siswa seperti rasa ingin tahu dan mandiri dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan bahan ajar yang bisa membuat siswa tertarik mengikuti pembelajaran matematika supaya siswa dapat memahami materi dengan baik sehingga dapat menyelesaikan permasalahan, dan dapat menumbuhkan karakter siswa yaitu rasa ingin tahu dan mandiri. Bahan ajar tersebut berupa modul matematika dengan pendekatan pemecahan masalah dalam pembentukan karakter siswa SMA kelas X. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan modul matematika dengan pendekatan pemecahan masalah dalam pembentukan karakter siswa SMA kelas X yang valid dan praktis berdasarkan hasil penilaian para ahli beserta guru dan siswa melalui angket respon atau angket validasi. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Dessiminate) yang dimodifikasi menjadi 3D (Define, Design, Develop). Pengumpulan data yang dilakukan yaitu obsevasi, dokumentasi, dan angket. Instrument dalam penelitian ini menggunakan lembar penilaian oleh angket validasi ahli dan angket respon siswa dan guru. Subjek uji coba penelitian ini berjumlah untuk ui coba skala kecil 10 siswa dan uji coba skala besar 25 siswa serta 2 guru mata pelajaran matematika. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini didapatkan uji validasi ahli media sebesar 3,44 dengan kriteria valid, uji validasi ahli materi sebesar 3,42 dengan kriteria valid, dan uji validasi ahli bahasa sebesar 3,78 dengan kriteria sangat valid. Sedangkan hasil dari respon siswa sebesar 3,51 dengan kriteria sangat baik dan respon guru sebesar 3,53 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul matematika dengan pendekatan pemecahan masalah dalam pembentukan karakter siswa SMA kelas X dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran di sekolah. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah modul dapat dikembangkan lagi dari segi materi dan diperbanyak lagi soal-soal dalam modul.   ABSTRACT Nabila, Huwaina. 2022. Development of Mathematics Module with Problem Solving Approach in Character Building for Class X High School Students. Thesis. Mathematics Education study Program. University of Muhammadiyah Semarang. Advisor : I. Eko Andy Purnomo, S.Pd., M.Pd, II. Dwi Sulistyaningsih, S.Si., M.Pd. Keywords: Module, Problem Solving, Character This research is motived by the limitations of teaching materials used in the learning process at school. The use of teaching materials that are not in accordance with the needs of students makes students still have difficulty understanding the material, this causes students to be less able to solve the problems they get. In addition, during the learning process students are less interested and less enthusiastic during learning. Students are less active, students rarely ask the teacher, and the lack of character possessed by students such as curiosity and independence in the learning process. Therefore, teaching materials are needed that can make students interested in learning mathematics so that student can understand the material well so that they can solve problems, and can forter student character, namely curiosity and independence. The teaching materials are in the form of a mathematics module with a problem solving approach in character building for X grade high school students. The purpose of this study is to develop a mathematical module with a problem solving approach in character building for class X high school students that is valid and practical based on the results of the assessments of experts along with teachers and students through response questionnaires or validation questionnaires. This research is a research that uses a 4D development model (Define, Design, Develop, Dessiminate) which is modified into 3D (Define, Design, Develop). The data collection carried out are observation, documentation, and questionnaires. The instruments in thisstudy used an assessment sheet by expert validation questionnaires and student and teacher response questionnaires. The subject of this research trial amounted to a small scale trial of 10 students and a large scale trial of 25 students and 2 teachers of mathematics. The results obtained from this study obtained a media expert validation test of 3,44 with valid criteria, a material expert validation test of 3,42 with valid criteria, and a linguist validation test of 3,78 with very valid criteria. While the result of the student response of 3,51 with very good criteria and the teacher’s response of 3,53 with very good criteria. Based on the results of the study, it can be concluded that the development of a mathematics module with a problem solving approach in character building for high school students in class X is declared valid and practical to be used as teaching materials in the learning process at scholl. Suggestions fot futher research is that the module can be developed again in terms of material and multiply the questions in the module.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 013/PendidikanMatematika/IX/2022
Subjects: L Education > Mathematics
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/5954

Actions (login required)

View Item View Item