PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATERI PROGRAM LINEAR DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI

Dia, Yusrina Ilma Millati (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATERI PROGRAM LINEAR DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (952kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (746kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (773kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Full Skripsi DIA YUSRINA_B2B017021 FIKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://repository.unimus.ac.id

Abstract

ABSTRAK Millati. D. Y. I. 2022. Pengembangan E-Modul Pada Materi Program Linear Dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Semarang. Pembimbing I. Iswahyudi Joko S, S.Si., M.Pd., II. Eko Andy Purnomo, M.Pd. Kata Kunci : E-Modul, Pendekatan kontekstual, Pemahaman Konsep Perkembangan teknologi modern mempunyai peran penting dalam berbagai bidang salah satunya dalam bidang pendidikan. Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan bahan ajar yang kurang dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, selain permasalahan lainnya yaitu pembelajaran masih berpusat pada guru dan bersifat monoton mengakibatkan siswa kurang tertarik, bosan, kurang bersemangat, serta tidak terlibat aktif selama proses pembelajaran, siswa membutuhkan bahan ajar yang menarik agar proses pembelajarannya tidak monoton. Melalui perkembangan teknologi pada pembelajaran matematika maka dibutuhkan suatu media pembelajaran interaktif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran E-Modul pada materi program linear dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas XI dan mengetahui kepraktisan media pembelajaran E-Modul melalui respon guru dan siswa sebagai pengguna media. Instrumen dalam penelitian menggunakan lembar penilaian validasi oleh ahli dan angket respon guru dan siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan uji coba kelompok kecil adalah 5 siswa, sedangkan uji coba kelompok besar 36 siswa dan 1 guru mata pelajaran matematika. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran E-Modul valid dan dapat diujicobakan. Kevalidan tersebut dibuktikan uji validasi ahli materi diperoleh nilai rata – rata 4,32 dengan kriteria sangat valid dan validasi ahli media diperoleh nilai rata – rata 4,12 dengan kriteria sangat valid. Hasil respon siswa menunjukkan nilai rata- rata 3,45 dengan kriteria sangat baik atau sangat praktis dan respon guru menunjukkan nilai rata-rata 3,64 dengan kriteria sangat baik atau sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran E-Modul pada materi program linear dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas XI pada pembelajaran matematika valid digunakan dan respon pengguna positif.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 002/PendidikanMatematika/VII/2023
Subjects: L Education > Mathematics
Divisions: Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics
Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/7094

Actions (login required)

View Item View Item