NOFYANI, RIMA, B2B014021 (2018) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THREE STEP INTERVIEW DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (736kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (722kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (719kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (523kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kemampuan komunikasi matematis siswa rendah karena siswa belum terbiasa menuliskan apa yang ditanyakan dari soal sebelum menyelesaikannya, sehingga siswa sering salah dalam menafsirkannya ketika sedang di hadapkan pada soal cerita. Selain itu percaya diri dan komunikatif dalam pembelajaran juga masih rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Three Step Interview dengan pendekatan pendidikan karakter merupakan proses pembelajaran dengan kegiatan berwawancara yang Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model Three Step Interview dengan pendidikan karakter efektif dengan kriteria ketuntasan tercapai, terdapat pengaruh percaya diri dan komunikatif, dan terdapat beda rata-rata. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan populasi seluruh kelas X MA Tajul Ulum Brabo Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian yaitu kelas X MIA 1, X MIA 2, dan X IIS 1 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, observasi, angket, tes evaluasi, uji ketuntasan, uji pengaruh, dan uji beda rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa dapat mencapai ketuntasan kemampuan komunikasi matematis, secara individual mencapai rata-rata 84,40 dan secara klasikal mencapai 88,57%. Sedangkan besar pengaruh percaya diri dan komunikatif terhadap kemampuan komunikasi matematis adalah 58,5% , hasil uji beda rata-rata menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Ratarata kelas eksperimen adalah 84,40, sedangkan rata-rata kelas kontrol 72,35. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Three Step Interview dengan pendekatan pendidikan karakter terhadap kemampuan komunikasi matematis pada materi sistem persamaan linier dua variabel efektif. Model ini dapat di terapkan pada materi sistem persamaan linier dua variabel untuk mengasah kemampuan komunikasi matematis siswa. Guru dapat menggunakan model pembelajaran Three Step Interview dengan pendekatan pendidikan karakter agar siswa dapat percaya diri dan komunikatif dalam pembelajaran. Kata Kunci: Three Step Interview, Pendidikan karakter, komunikasi matematis.
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 009/Matematika/X/2018 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > Mathematics |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics |
Depositing User: | perpus unimus |
Date Deposited: | 29 Nov 2018 02:33 |
Last Modified: | 29 Nov 2018 02:33 |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/2136 |
Actions (login required)
View Item |