IMPLEMENTASI LESSON STUDY MELALUI PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER MATERI TURUNAN KELAS XI IPS

Erlina, B2B016002 (2020) IMPLEMENTASI LESSON STUDY MELALUI PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER MATERI TURUNAN KELAS XI IPS. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN KELULUSAN.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I.pdf

Download (830kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (974kB) | Preview
[img] Text
15. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB) | Request a copy
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
17. BAB V.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (744kB) | Preview
[img] Text
19. LAMPIRAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH FIX ERLINA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Lesson Study, Inquiry Learning, Pendidikan Karakter, Materi Turunan Cara pengajaran guru yang tergolong tradisional yaitu menggunakan metode ceramah menjadi salah satu permasalahan pada penelitian ini. Dimana pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa hanya terpaku dengan apa yang dijelaskan guru yang berakibat pada rendahnya rasa ingin tahu dan kreativitas siswa dalam pembelajaran dan banyaknya siswa yang masih kesulitan dalam menyelesaikan soal turunan yang bersifat kontekstual. Mengimplementasikan Lesson Study Melalui Pembelajaran Inquiry Learning Terintegrasi Pendidikan Karakter merupakan salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil karakter kreativitas siswa, karakter rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa dalam implementasi lesson study melalui pembelajaran inquiry learning terintegrasi pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dimana penelitian ini dilakukan di MAN 1 Kota Semarang. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS, sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Terdapat tiga tahapan lesson study dalam penelitian ini yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Model pembelajaran yang digunakan adalah model inquiry learning yang membuat siswa akan lebih tertantang dalam menyelesaikan setiap permasalahan pada materi turunan. Rasa ingin tahu dan kreativitas siswa akan terpenuhi karena model ini dapat memperkuat dan mendorong secara alami untuk mengeksploitasi sehingga kegiatan dapat dilakukan dengan semangat yang besar dan penuh kesungguhan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode analisis kualitatif dan metode TBLA (Transcript Based Lesson Analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa memperoleh rata-rata 80,61. Sedangkan tingkat karakter rasa ingin tahu siswa terhadap pembelajaran memperoleh rata-rata 74,50% dalam kategori baik dan karakter kreativitas siswa terhadap pembelajaran memperoleh rata-rata 68,96% dalam kategori kreatif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi Lesson Study Melalui Pembelajaran Inquiry Learning Terintegrasi Pendidikan Karakter Materi Turunan Kelas XI IPS sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 004/P.Matematika/XI/2020
Subjects: L Education > Mathematics
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4094

Actions (login required)

View Item View Item