ANALISIS TINGKAT PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA MATEMATIKA LEVEL 6 TAHUN 2012 DI KOTA SEMARANG, PURBALINGGA DAN BANYUMAS.

RAHMAWATI, YUNI, B2B015007 (2020) ANALISIS TINGKAT PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA MATEMATIKA LEVEL 6 TAHUN 2012 DI KOTA SEMARANG, PURBALINGGA DAN BANYUMAS. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (862kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (992kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (731kB) | Preview
[img] Text
HALAMAN DEPAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Manuscript.pdf

Download (953kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (513kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Tingkat Pemecahan Masalah, Soal PISA Matematika, Level 6 Hasil PISA Indonesia bidang matematika mulai tahun 2000 hingga 2015 berada pada peringkat 10 dari bawah, selain itu analisis hasil PISA tahun 2009 yaitu hampir semua siswa di Indonesia hanya menguasai pelajaran sampai level 3 saja, sementara negara lain banyak yang sampai level 4, 5, bahkan 6. Begitu juga dengan hasil PISA tahun 2012 dan tahun 2015, siswa Indonesia masih mengalami hal yang serupa. Hanya sedikit siswa yang mampu mengerjakan soal PISA level 4, 5, dan 6. Sama halnya dengan rendahnya kemampuan pemecahan masalah juga didapatkan dari beberapa observasi terhadap sekolah-sekolah yang telah mengikuti tes PISA. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian analisis tingkat pemecahan masalah soal PISA Matematika level 6 tahun 2012. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk menganalisis tingkat pemecahan masalah soal PISA matematika level 6 tahun 2012 pada siswa yang berumur 15 hingga16 tahun lebih 2 bulan dikota Semarang, Purbalingga, dan Banyumas. Metode pemilihan tempat berdasarkan “cluster random sampling‖ yaitu teknik pengambilan sampel yang dipilih berdasarkan area-area tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa yang berumur 15 hingga 16 tahun lebih 2 bulan di SMP Muhammadiyah 1 Purbalingga, MAN 2 Banyumas, dan SMA Negeri 1 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles-Huberman dengan tahapan mereduksi data, penyajian data, dan diakhiri dengan pemberian kesimpulan. Instrumen penelitian ini yaitu observasi, tes soal PISA matematika level 6 tahun 2012 sebanyak 4 soal, serta wawancara. Analisis tingkat pemecahan masalah akan dilakukan pada setiap indikator pemecahan masalah menurut NCTM pada setiap soal. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh hasil yaitu tingkat pemecahan masalah soal PISA level 6 berada pada tingkat rendah, sedang dan tinggi. Tingkat pemecahan masalah soal PISA level 6 tahun 2012 berada pada kategori rendah sebanyak 2%, sedang 56%, dan tinggi 42%, serta hasil analisis tingkat pemecahan masalah soal PISA level 6 tahun 2012 berdasarkan 60 sampel dari ketiga sekolah di menunjukan bahwa tingkat pemecahan masalah soal PISA level 6 berada pada tingkat rendah dan sedang. Tingkat pemecahan masalah soal PISA level 6 tahun 2012 berada pada kategori rendah terdapat dalam indikator 2 (menyusun model matematik) indikator 3 (menerapkan strategi pemecahan masalah), indikator 4 menjelaskan hasil jawaban sampel), sementara untuk tingat pemecahan masalah soal PISA level 6 tahun 2012 yang berkategori sedang berada pada indikator 1 (mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui, ditanya dan diperlukan) dan indikator 5 (menggunakan matematika secara bermakna). Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa indikator pemecahan maslah dalam soal PISA level 6 yang perlu ditingkatkan adalah indikator 2,3 dan 4, sementara yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan lagi yaitu pada indikator 1 dan 5.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 015/P.Matematika/XI/2020
Subjects: L Education > Mathematics
Divisions: Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics
Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4107

Actions (login required)

View Item View Item