IMPELEMTASI LESSON STUDY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA PENDIDIKAN KARAKTER MATERI INTEGRAL KELAS XI IPA

Qadar, Sahchra, B2B016001 (2020) IMPELEMTASI LESSON STUDY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA PENDIDIKAN KARAKTER MATERI INTEGRAL KELAS XI IPA. Sarjana (S1/D4) thesis, Muhammadiyah University, Semarang.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (574kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (477kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Manuscrip.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING, LEMBAR KELULUSAN, LEMBAR KEASLIAN, LEMBAR PUBLIKASI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : lesson study, pendidikan karakter, model pembelajaran problem based learning, prestasi belajar Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya karakter rasa ingin tahu dan kerjasama siswa dalam mengikuti proses pembelajaran serta rendahnya prestasi belajar siswa. Terdapat siswa yang masih belum mencapai kriteria minimal pada materi integral. Hal tersebut disebabkan karena pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Implementasi lesson study dengan model pembelajaran problem based learning diharapkan mampu meningkatkan karakter rasa ingin tahu dan kerja sama siswa serta dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan karakter rasa ingin tahu dan kerja sama siswa serta prestasi belajar siswa. Lesson study merupakan pembelajaran yang direncanakan, dilaksanakan dan diamati serta didiskusikan secara bersama-sama oleh guru agar pembelajaran menjadi lebih efektif. Model pembelajaran problem based learning merupakan pembelajaran untuk menyelidiki dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari secara berkelompok sehingga mendorong siswa untuk menumbuhkan karakter rasa ingin tahu dan kerjasama siswa. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 2 di MAN 1 Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur meliputi tes, dokumentasi, observasi, angket dan lembar pengamatan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis transcript based lesson analysis (TBLA). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa pada materi integral mendapatkan rata-rata sebesar 77,49. Nilai karakter yang muncul pada saat proses pembelajaran dapat di kategorikan baik dengan hasil karakter rasa ingin tahu siswa sebesar 75% dan karakter kerjasama siswa sebesar 77%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat di simpulkan bahwa implementasi lesson study dengan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan karakter rasa ingin tahu dan kerjasama siswa serta prestasi belajar pada materi integral.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1/D4))
Call Number: 012/P.Matematika/XI/2020
Subjects: L Education > Mathematics
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 14 Jan 2021 07:24
Last Modified: 14 Jan 2021 07:24
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4103

Actions (login required)

View Item View Item