Qadar, Sahchra, B2B016001 (2020) IMPELEMTASI LESSON STUDY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA PENDIDIKAN KARAKTER MATERI INTEGRAL KELAS XI IPA. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (566kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (574kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (477kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
||
|
Text
Manuscrip.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING, LEMBAR KELULUSAN, LEMBAR KEASLIAN, LEMBAR PUBLIKASI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : lesson study, pendidikan karakter, model pembelajaran problem based learning, prestasi belajar Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya karakter rasa ingin tahu dan kerjasama siswa dalam mengikuti proses pembelajaran serta rendahnya prestasi belajar siswa. Terdapat siswa yang masih belum mencapai kriteria minimal pada materi integral. Hal tersebut disebabkan karena pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Implementasi lesson study dengan model pembelajaran problem based learning diharapkan mampu meningkatkan karakter rasa ingin tahu dan kerja sama siswa serta dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan karakter rasa ingin tahu dan kerja sama siswa serta prestasi belajar siswa. Lesson study merupakan pembelajaran yang direncanakan, dilaksanakan dan diamati serta didiskusikan secara bersama-sama oleh guru agar pembelajaran menjadi lebih efektif. Model pembelajaran problem based learning merupakan pembelajaran untuk menyelidiki dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari secara berkelompok sehingga mendorong siswa untuk menumbuhkan karakter rasa ingin tahu dan kerjasama siswa. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 2 di MAN 1 Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur meliputi tes, dokumentasi, observasi, angket dan lembar pengamatan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis transcript based lesson analysis (TBLA). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa pada materi integral mendapatkan rata-rata sebesar 77,49. Nilai karakter yang muncul pada saat proses pembelajaran dapat di kategorikan baik dengan hasil karakter rasa ingin tahu siswa sebesar 75% dan karakter kerjasama siswa sebesar 77%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat di simpulkan bahwa implementasi lesson study dengan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan karakter rasa ingin tahu dan kerjasama siswa serta prestasi belajar pada materi integral.
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 012/P.Matematika/XI/2020 |
Subjects: | L Education > Mathematics |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics |
Depositing User: | perpus unimus |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4103 |
Actions (login required)
View Item |