EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNINGPADA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEPMATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP

ibrahim, irfan malik (2021) EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNINGPADA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEPMATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. PENGESAHAN KELULUSAN.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. PUBLIKASI ILMIAH.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABTRAK.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (596kB) | Preview
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
16. BAB V.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
MANUSCRIP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ibrahim, I. M. 2021. Efektifitas Penerapan Model Make A Match Dengan Pendekatan Problem Based LearningPada Pembelajaran Daring Terhadap Pemahaman KonsepMateri Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP. Uuversitas Muhammadiyah Semarang. Pembimbing : I Venissa Dian Mawarsari, M.Pd., II Rohmat Suprapo, S.Ag., M.Si. Kata Kunci : Make A Match, Daring, Pemahaman Konsep Kementrian pendidikan mengeluarkan surat tentang pelaksanaan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus dengan melaksanakan kebijakan pembelajaran jarak jauh. Hal ini menyebabkan tenaga pendidik harus menggunakan cara atau variasi model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran jarak jauh. Dengan menggunakan model pembelajaran make a match dapat menjadi solusi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model make a match dengan pendekatan problem based learning pada pembelajaran daring terhadap pemahaman konsep materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP efektif. Penelitian ini merupakan jenis eksperimen yang akan dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran make a match dengan pendekatan problem based learning. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu dengan cara wawancara, observasi, tes kuisoner, dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sampling purposive dimana peneliti menentukan pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas eksperimen yaitu kelas VIII-A, kelas kontrol yaitu kelas VIII-B, sedangkan untuk kelas uji coba yaitu kelas VIII-C. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep peserta didik dalam menggunakan model make a match dengan pendekatan problem based learning mencapai ketuntasan sudah melebihi 85% yaitu 93,5483% atau 29 dari 31 peserta didik, ada pengaruh motivasi belajar dan sikap tanggung jawab terhadap kemampuan pemahaman konsep sebesar 81 %, terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan kelas eksperimen mendapat 85,258 dan kelas kontrol 74, 194.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Contributors:
ContributionCobtributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisordian, venissaUNSPECIFIEDperpustakaan@unimus.ac.id
Thesis advisorsuprapto, rohmatUNSPECIFIEDperpustakaan@unimus.ac.id
Call Number: 015/P.Matematika/XI/2021
Subjects: L Education > Mathematics
Divisions: Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics
Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/5012

Actions (login required)

View Item View Item