ibrahim, irfan malik (2021) EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNINGPADA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEPMATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.
|
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
2. PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
3. PENGESAHAN KELULUSAN.pdf Download (423kB) | Preview |
|
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text
5. PUBLIKASI ILMIAH.pdf Download (479kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABTRAK.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I.pdf Download (468kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II.pdf Download (596kB) | Preview |
|
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (486kB) | Request a copy |
||
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (782kB) | Request a copy |
||
|
Text
16. BAB V.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (364kB) | Preview |
|
Text
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Text
MANUSCRIP.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Ibrahim, I. M. 2021. Efektifitas Penerapan Model Make A Match Dengan Pendekatan Problem Based LearningPada Pembelajaran Daring Terhadap Pemahaman KonsepMateri Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP. Uuversitas Muhammadiyah Semarang. Pembimbing : I Venissa Dian Mawarsari, M.Pd., II Rohmat Suprapo, S.Ag., M.Si. Kata Kunci : Make A Match, Daring, Pemahaman Konsep Kementrian pendidikan mengeluarkan surat tentang pelaksanaan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus dengan melaksanakan kebijakan pembelajaran jarak jauh. Hal ini menyebabkan tenaga pendidik harus menggunakan cara atau variasi model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran jarak jauh. Dengan menggunakan model pembelajaran make a match dapat menjadi solusi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model make a match dengan pendekatan problem based learning pada pembelajaran daring terhadap pemahaman konsep materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP efektif. Penelitian ini merupakan jenis eksperimen yang akan dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran make a match dengan pendekatan problem based learning. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu dengan cara wawancara, observasi, tes kuisoner, dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sampling purposive dimana peneliti menentukan pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas eksperimen yaitu kelas VIII-A, kelas kontrol yaitu kelas VIII-B, sedangkan untuk kelas uji coba yaitu kelas VIII-C. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep peserta didik dalam menggunakan model make a match dengan pendekatan problem based learning mencapai ketuntasan sudah melebihi 85% yaitu 93,5483% atau 29 dari 31 peserta didik, ada pengaruh motivasi belajar dan sikap tanggung jawab terhadap kemampuan pemahaman konsep sebesar 81 %, terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan kelas eksperimen mendapat 85,258 dan kelas kontrol 74, 194.
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Call Number: | 015/P.Matematika/XI/2021 | ||||||||||||
Subjects: | L Education > Mathematics | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics |
||||||||||||
Depositing User: | perpus unimus | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 Dec 2021 04:07 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Dec 2021 04:07 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/5012 |
Actions (login required)
View Item |