META ANALYSIS: PENGARUH MODEL INQUIRY PADA PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS GREEN CHEMISTRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA/MA

CITRA, SALSABILA (2022) META ANALYSIS: PENGARUH MODEL INQUIRY PADA PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS GREEN CHEMISTRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA/MA. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (695kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (722kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text
Hasil Olah Data.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://repository.unimus.ac.id

Abstract

META ANALYSIS: INQUIRY LEVEL PADA PRAKTIKUM KIMIA BERNPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA/MA ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry pada praktikum kimia terhadap hasil belajar siswa SMA/MA. Metode penelitian yang digunakan adalah meta analisis, yaitu review naratif dengan menganalisis hasil-hasil publikasi penelitian yang telah dipublikasikan secara nasional yang berkaitan dengan Pengaruh Model Inquiry pada Praktikum Kimia terhadap Hasil Belajar siswa SMA/MA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jurnal/artikel yang teridentifikasi SINTA dan menggunakan kata kunci “model inquiry”, “praktikum kimia”, dan “hasil belajar”. Ada 4 tahapan yang dilakukan untuk menentukan sampel yaitu :1. Tahap Identifikasi (n=1116), 2. Penyaringan (n=1089), 3. Kelayakan (15), 4. Penentuan Jurnal yang diteliti (n=5). Hasil penelitian terdapat 5 Jurnal yang sesuai dan memenuhi. Berdasarkan pada nilai effect size dan level inquiry yang diterapkan dalam pembelajaran menghasilkan pengaruh pembelajaran dengan model inquiry pada hasil belajar siswa SMA mata pelajaran kimia adalah rata-rata (average). Pengaruh Pengaruh pembelajaran dengan model inquiry pada hasil belajar siswa SMA mata pelajaran Kimia adalah rata-rata (average). Hal ini sesuai dengan hasil nilai effect size lima jurnal 0,3; 0,18; 1,4; 0,7; dan 1,8 dengan kategori big dua jurnal, average satu jurnal, dan small dua jurnal. Level inquiry dalam penelitian mendapatkan level 2 untuk empat jurnal dan level 1 untuk 1 jurnal. Sehingga dapat disimupulkan Model Inquiry pada praktikum kimia berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA/MA. Kata Kunci : Inquiry, Praktikum Kimia, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 006/PendidikanKimia/X/2022
Subjects: L Education > Chemistry
Divisions: Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 School of Chemistry
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/5905

Actions (login required)

View Item View Item