IMPLEMENTASI PETA KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA

Utami, Aisyiyah Dinnur, B2C016021 (2020) IMPLEMENTASI PETA KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (802kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (829kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Peta Konsep, Motivasi Belajar, Berpikir Kritis. Berdasarkan pengamatan pada salah satu SMA di Kota Semarang, masih rendahnya motivasi belajar siswa khususnya dalam pembelajaran kimia. Proses pembelajaran kimia yang dilakukan di kelas masih berpusat pada guru. Materi kimia yang masih dirasa sulit menjadikan siswa mengalami kesulitan dalam menemukan inti konsep dan menghubungkan konsep-konsep dari suatu materi pada pembelajaran kimia sehingga perlunya metode pembelajaran yang mendukung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh metode pembelajaran peta konsep terhadap motivasi belajar siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan menggunakan desain nonequivalent control group. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 7 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes dan angket. Variabel yang diukur meliputi motivasi belajar siswa dan kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran peta konsep memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap kelas eksperimen sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar dan berpikir kritis pada pelajaran kimia. pengaruh tersebut dilihat dari perbedaan nilai rata-rata yang diperoleh antara kedua kelas.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 001/Pendidikan Kimia/X/2020
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 School of Chemistry
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/3988

Actions (login required)

View Item View Item