PENGEMBANGAN VIDEO STOP MOTION PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK LINEAR SATU VARIABEL DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X MA MUHAMMADIYAH WELERI

Masyhana, Tsania Filhil, B2B015008 (2020) PENGEMBANGAN VIDEO STOP MOTION PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK LINEAR SATU VARIABEL DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X MA MUHAMMADIYAH WELERI. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (958kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (642kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
MANUSCRIPT.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN Pengesahan Kelulusan.pdf

Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (810kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Video Stop Motion, PBL, minat siswa, keaktifan. Proses pembelajaran memang sangat penting dalam pendidikan, untuk memudahkan siswa memahami materi. Permasalahan yang ditemukan saat observasi yaitu kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013 akan tetapi pembelajaran yang dilakukan masih konvensional, kurangnya minat siswa terhadap pelajaran matematika, kemampuan pemecahan masalah siswa yang belum maksimal, siswa sering mengabaikan pelajaran matematika, dan terdapat media pembelajaran yang belum dimaksimalkan. Dari permasalahan yang ada, menjadikan peneliti ingin menggunakan video stop motion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Video Stop Motion Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel yang dikembangkan valid. (2) Video Stop Motion dalam pembelajaran materi Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel dengan penerapan PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa efektif. Jenis penelitian pengembangan ini mengadopsi pada Thiagarajan yang dikembangkan menjadi tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Penelitian ini juga termasuk jenis penelitian pengembangan PreEksperimental Design dengan desain One Grup Pretest-Posttest Desaign. Teknik pengumpulan data diambil dari hasil angket, tes, dan observasi. Hasil penelitian ini diperoleh: (1) Video Stop Motion Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel yang dikembangkan terbukti valid, hasil perolehan rata-rata dari ahli media dan ahli materi sejumlah 87,5%. (2) Video Stop Motion dalam pembelajaran materi Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel dengan penerapan PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dinyatakan efektif, terbukti dari ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal, pengaruh minat dan keaktifan memperoleh persentase sebesar 20,3%, dan terdapat peningkatan dari hasil pre-test dan post-test dengan kriteria sedang. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan Video Stop Motion dengan materi pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel valid dan layak digunakan, dengan alasan valid dan efektif. Saran dari peneliti guna memaksimalkan pembelajaran, dianjurkan pendidik untuk lebih teliti dalam perencanaan dan persiapan dalam pemasangan median agar memaksimalkan waktu pembelajaran dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 013/P.Matematika/XI/2020
Subjects: L Education > Mathematics
Divisions: Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics
Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4106

Actions (login required)

View Item View Item