DIAH, AYU SULISTIANI (2022) KOMPARASI PEMBELAJARAN BERBANTUAN ALAT PERAGA JAM SUDUT DAN MEDIA VIDEO JAM SUDUT DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.
|
Text
Halaman Depan.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (600kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (742kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (874kB) | Preview |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (955kB) | Request a copy |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (608kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (872kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
||
Text
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Sulistiani, Diah Ayu. 2022. Komparasi Pembelajaran Berbantuan Alat Peraga Jam Sudut Dan Media Video Jam Sudut Ditinjau Dari Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Semarang. Pembimbing: I. Vennisa Dian Mawarsari, S.Pd., M.Pd., II. Dwi Sulistyanigsih, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Komparasi, Jam Sudut, Pemahaman Konsep Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting yang harus dipikirkan oleh guru, karena media pembelajaran digunakan untuk menyampaikan materi kepada siswa. Salah satu alasan rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa MI Negeri 1 Pati terhadap materi pengukuran sudut adalah kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang mampu membantu siswa memahami konsep pengukuran sudut, guru hanya menggunakan metode ceramah pada pembelajaran offline dan hanya memberikan softfile serta tugas pada pembelajaran online. Penggunaan media seperti alat peraga jam sudut dan video jam sudut dapat dijadikan alternatif oleh guru untuk menyampaikan materi dan juga membuat proses pembelajaran lebih menarik sehingga siswa semangat dalam belajar dan mudah memahami konsep matematika. Kedua media tersebut perlu dilakukan pengukuran yang berkaitan dengan kemampuan pemahaman konsep siswa. Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa menggunakan alat peraga jam sudut. (2) mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa menggunakan video jam sudut. (3) mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan alat peraga jam sudut dan video jam sudut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quaisy experiment dengan desain nonequivalent control group. Sampel dipilih secara nonprobability sampling berdasarkan saran dari guru di MI Negeri 1 Pati yaitu kelas IV-A dan V-B memiliki minat dan hasil belajar yang sama. Instrumen yang digunakan adalah tes tulis sedangkan analisis statistik yang digunakan adalah paired sample test, N-Gain, dan independent sample test. Hasil dari penelitian ini adalah (1) kemampuan pemahaman konsep siswa sebelum dan sesudah menggunakan alat peraga jam sudut mengalami peningkatan dari 47,45 menjadi 81,98, dengan rata-rata peningkatan sebesar 0,67 yang termasuk dalam kategori sedang. (2) kemampuan pemahaman konsep siswa sebelum dan sesudah menggunakan video jam sudut mengalami peningkatan dari 43,93 menjadi 75,35 dengan rata-rata peningkatan sebesar 0,58 yang termasuk dalam kategori sedang. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa antara yang menggunakan alat peraga jam sudut dan video demonstrasi jam sudut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan alat peraga jam sudut lebih baik dibandingkan dengan menggunakan video jam sudut. Disarankan untuk alat peraga dan video dibuat lebih baik lagi agar siswa dapat menyerap materi dengan maksimal. ABSTRACT Sulistiani, Diah Ayu. 2022. Comparison of Learning Aided by Teaching Aids at Clock Corner and Video Media at Clock Corners in terms of Students' Concept Understanding Ability. Thesis. Mathematics Education Study Program. Muhammadiyah University Semarang. Advisor: I. Vennisa Dian Mawarsari, S.Pd., M.Pd., II. Dwi Sulistyanigsih, S.Si., M.Pd. Keywoarr:Comparison, Clock Corner, Concept Understanding Learning media is one of the important components that must be considered by teachers, because learning media are used to convey material to students. One of the reasons for the low concept understanding ability of MI Negeri 1 Pati students towards angle measurement material is the lack of use of learning media that can help students understand the concept of angle measurement, teachers only use the lecture method in offline learning and only provide softfiles and assignments in online learning.. The use of media such as teaching aids at the corner clock and video at the corner clock can be used as alternatives by teachers to deliver material and also make the learning process more interesting so that students are enthusiastic in learning and easily understand mathematical concepts. Both of these media need to be measured related to the ability to understand students' concepts. The purpose of this study was to (1) determine the improvement of students' conceptual understanding skills using the corner clock teaching aid. (2) knowing the improvement of students' conceptual understanding skills using video clock corner. (3) knowing the differences in students' conceptual understanding skills using the corner clock and video corner clock props. This study uses a quaisy experiment with a nonequivalent control group design. The sample was selected by non-probability sampling based on suggestions from teachers at MI Negeri 1 Pati, namely grades IV-A and V-B have the same interests and learning outcomes. The instrument used is a written test while the statistical analysis used is a paired sample test, N-Gain, and independent sample test. The results of this study are (1) the ability to understand the concept of students before and after using the corner clock props increased from 47.45 to 81.98, with an average increase of 0.67 which is included in the medium category. (2) the ability to understand the concept of students before and after using the video clock angle has increased from 43.93 to 75.35 with an average increase of 0.58 which is included in the medium category. (3) There is a significant difference in students' conceptual understanding skills between those using the corner clock teaching aid and the corner clock demonstration video. So it can be concluded that the students' conceptual understanding ability by using the corner clock is better than using the corner clock video. It is recommended that teaching aids and videos be made even better so that students can absorb the material optimally.
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 009/PendidikanMatematika/IX/2022 |
Subjects: | L Education > Mathematics |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics |
Depositing User: | perpus unimus |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 03:30 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 03:30 |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/5937 |
Actions (login required)
View Item |